Tim Levin/Orang Dalam

• Saya mengendarai SUV listrik Toyota bZ4X baru dari New York ke Washington DC, dan kembali lagi.
  • Perjalanan sembilan jam melibatkan tiga jam pengisian daya.
  • Saya belajar dari pengalaman pahit bahwa terkadang Anda perlu memilih antara tetap hangat dan memaksimalkan jangkauan.

Mobil listrik cepat, senyap, dan baik untuk planet ini, tetapi jangkauan terbatas dan waktu pengisian daya yang lama berarti perjalanan darat tidak cocok untuk mereka.

Itulah yang saya pelajari ketika saya membawa SUV bZ4X baru Toyota dari New York ke Washington DC pada suatu akhir pekan di awal April. Perjalanan 500 mil bukanlah petualangan pantai-ke-pantai yang epik, melainkan jenis perjalanan jarak jauh yang mungkin dilakukan seseorang dengan santai beberapa kali per tahun dan tidak berpikir dua kali – jika mereka berada di belakang kemudi sebuah mobil bensin biasa.

Namun, dalam kendaraan bertenaga baterai, hal-hal tidak selalu sesederhana itu.

Pengisian daya bisa memakan waktu sangat lama

Toyota bZ4X AWD Limited 2023, dilihat dari depan dengan latar langit biru.

Tim Levin/Orang Dalam

Mari kita pelajari sejenak untuk membangun beberapa konsep dasar.

Setiap EV memiliki tingkat pengisian daya maksimum, dinyatakan dalam kilowatt (kW), yang mengatur jumlah daya yang dapat diterimanya dari pengisi daya cepat pinggir jalan. Untuk bZ4X AWD yang saya uji, itu adalah 100 kW yang tidak kompetitif. Semakin tinggi peringkat EV, semakin cepat Anda dapat mengisi daya secara hipotetis – selama Anda menemukan colokan pengisi daya yang peringkatnya sama atau lebih besar.

Tetapi Anda tidak selalu mencapai tingkat pengisian maksimum itu karena pengisi daya, suhu baterai, atau, dalam kasus saya, pengaturan yang ada di dalam kendaraan itu sendiri. Selama perjalanan saya, mobil tidak pernah mendekati 100 kW, menyebabkan waktu pengisian yang menyiksa.

Kabel pengisi daya ditampilkan dicolokkan ke SUV listrik Toyota bZ4X AWD Limited 2023.

Tim Levin/Orang Dalam

Toyota merekayasa SUV untuk memprioritaskan umur panjang baterai, kata seorang juru bicara, yang berarti meredam pengisian cepat, yang dapat mempercepat keausan baterai.

Dalam perjalanan ke DC, saya berhenti di stasiun Electrify America dengan muatan 37%, ingin menambahkan energi yang cukup untuk melanjutkan perjalanan. Toyota menolak untuk menarik lebih dari 35 kW, jadi untuk mencapai 74% membutuhkan waktu 45 menit penuh untuk menunggu – bukan sesuatu yang ingin Anda lakukan di malam hari ketika Anda masih memiliki jam mengemudi di depan Anda.

Tugas itu menambah jangkauan 95 mil, menurut perkiraan SUV. Tapi kecepatan jalan raya menyedot energi dengan cepat, jadi dalam istilah dunia nyata, mungkin lebih seperti 75.

Roda kemudi dan layar pada SUV elektrik Toyota bZ4X AWD Limited 2023, dilihat dari jok belakang.

Tim Levin/Orang Dalam

Dalam perjalanan pulang, saya berhenti di stasiun EVgo dengan sisa 6%. Kali ini, Toyota tidak akan bergerak melewati 50 kW, jadi pengisian hingga 80% membutuhkan waktu satu jam dan 15 menit yang menyiksa.

Total semuanya dan pengisian daya berhenti menambahkan dua jam waktu tempuh ke perjalanan kira-kira sembilan jam.

Tapi pengalaman ini tidak universal. Tesla mengisi daya dengan cepat dan memanfaatkan jaringan pengisian daya pribadi yang luas. Beberapa baterai Hyundai dapat diisi hingga hampir penuh dalam waktu yang dibutuhkan untuk mencari kamar mandi dan mengambil dendeng. Banyak kendaraan mengalahkan jangkauan Toyota sejauh 222 mil, mengurangi frekuensi dan urgensi pit stop.

Anda harus meninggalkan buffer jangkauan besar untuk diri Anda sendiri

Setiap kali saya mengisi daya, saya memastikan untuk membuat penyangga yang nyaman antara jarak yang dikatakan Google Maps telah saya tinggalkan dan jarak Toyota yang tersisa, seperti yang ditunjukkan di layarnya. Saya sudah kehabisan jangkauan terlalu jauh dari stasiun pengisian sebelumnya, dan itu tidak menyenangkan.

Tim Levin/Orang Dalam

Itu ternyata menjadi langkah yang cerdas. Faktor-faktor seperti kecepatan tinggi, tanjakan, dan — seperti yang akan kita bahas lebih detail nanti — penggunaan pengaturan iklim dapat menghabiskan jangkauan EV lebih cepat dari yang diharapkan. Jadi, kecuali Anda mengenal EV Anda dengan baik, jangan percaya begitu saja apa yang dikatakannya kepada Anda.

Ini sebuah contoh. Ketika saya meninggalkan stasiun Electrify America di New Jersey dan berangkat ke DC, Toyota menunjukkan jarak tempuh 188 mil—cukup untuk menempuh jarak 138 mil yang tersisa, bukan? Tidak.

Saya menyaksikan penyangga indah saya layu hingga hanya 11 mil pada saat saya tiba, memicu pesan meresahkan yang menyuruh saya segera mengisi daya. Beberapa belokan yang salah menurunkan jangkauan terakhir saya menjadi hanya sembilan mil.

Karena stasiun pengisian daya hampir tidak melimpah atau ditandai dengan baik seperti pompa bensin, Anda perlu merencanakan pit stop dengan hati-hati terlebih dahulu untuk menghindari waktu yang buruk.

Anda dapat mengisi daya sambil melakukan hal lain

SUV listrik Toyota bZ4X AWD Limited 2023 duduk di tempat teduh, diparkir di dekat kios pengisian daya.

Tim Levin/Orang Dalam

Salah satu titik terang mengendarai EV adalah Anda tidak perlu duduk di dalam mobil saat mengisi daya. Jika Anda tidak sedang dalam perjalanan ke suatu tempat, Anda dapat menyambungkan dan menjalani hari Anda.

Pagi hari setelah saya tiba di DC, saya memeriksa mobil dan melihat jangkauannya turun dalam semalam menjadi enam mil. Karena saya tidak ingin mengisi daya selama satu jam penuh tepat sebelum melakukan perjalanan pulang keesokan harinya, saya mencari pengisi daya di kota dan menemukan beberapa kios EVgo di dekat Union Station.

Saya berkendara, menyambungkan, dan pergi jalan-jalan selama beberapa jam. Sementara itu, saya dapat memeriksa kemajuan pengisian daya mobil melalui aplikasi EVgo di ponsel saya. Ini adalah sesi pengisian daya terbaik yang saya lakukan sepanjang akhir pekan: 3% hingga 77% dalam satu jam, batas waktu pengisi daya tersebut.

Aplikasi jaringan pengisian EVgo memungkinkan Anda mengawasi kemajuan pengisian daya mobil listrik Anda dari jauh.

EVgo

Lebih baik lagi, aplikasi EVgo menyediakan kode QR untuk berkedip di gerbang sehingga saya dapat meninggalkan tempat parkir tanpa membayar.

Tetap saja, sangat disayangkan bahwa saya harus meluangkan waktu dari hari saya dan pergi ke stasiun pengisian daya. Jika garasi di apartemen tempat saya menginap memiliki pengisi daya sendiri, itu akan membuat seluruh perjalanan jauh lebih mulus.

Bersiaplah untuk memilih antara kenyamanan dan jangkauan

Toyota bZ4X AWD Limited 2023 berwarna perak di tempat parkir.

Tim Levin/Orang Dalam

Mobil bermesin pembakaran menghasilkan panas sebagai produk sampingan, jadi menaikkan radiator bukanlah masalah besar. Tetapi mobil listrik menggunakan energi dari baterainya untuk menghasilkan panas, membuat pengemudi memilih antara jangkauan maksimum dan kenyamanan maksimum.

Saya berangkat kembali ke New York pada pagi yang dingin dengan jangkauan 176 mil. Ketika saya menyalakan panas, kisaran yang ditunjukkan turun drastis menjadi 125 mil. Pilihannya menjadi: Tetap bersulang dan menagih dua kali, atau bertahan dalam cuaca dingin dan bertahan dengan strategi satu atap yang direncanakan. Mengingat rentang bZ4X yang kurang bagus dan pengalaman saya sebelumnya yang panjang dalam mengisi daya, saya memilih yang terakhir.

Saya membungkus dan mengandalkan sebagian besar kursi dan penghangat setir (yang lebih efisien daripada pemanas biasa) untuk membuat segalanya hampir dapat diterima. Saya akan berbohong jika saya mengatakan saya tidak mengutuk mobil listrik konyol ini sekali atau dua kali.

Tapi masa depan listrik tampaknya tak terhindarkan pada saat ini, jadi sebaiknya kita belajar untuk hidup dengannya.